Tes Logika (gak bener2 amat sih…^_^)

(dari blog-ku di Friendster)

============================

Simaklah baik-baik setiap pertanyaan di bawah ini…!

Tulis setiap jawaban Anda pada tempat yang tersedia (di mana Martin!? *wah,, bingung juga nih…sorry… I do not prepare you an interactive form..). Anda hanya diizinkan 15 (lima belas) menit untuk menyelesaikan seluruh test ini.

Tolong jangan liat kunci jawaban sebelum Anda menjawab semua…!

Anda SIAP ?

JAM berapa sekarang ?

MULAI !

1. Beberapa nama bulan memiliki 30 hari. Beberapa nama bulan lainnya memiliki 31 hari. Berapa nama bulan yang memiliki 28 hari?

2. Jika dokter memberikan Anda 3 tablet dan setiap tablet harus diminum setiap jam, berapa lama waktu yang Anda butuhkan sehingga semua tablet dapat diminum?

3. Anda mulai tidur pada pukul 8 malam dan menyetel jam weker untuk berdering pukul 9 pagi. Berapa lama Anda tertidur sebelum terbangun oleh deringan weker?

4. Seorang pria membangun sebuah rumah persegi-panjang dengan keempat dindingnya menghadap selatan. Seekor beruang besar masuk rumah tersebut. Apa warna beruang tersebut?

5. Jika Anda hanya memiliki sebuah korek api dan memasuki sebuah ruangan DINGIN dan GELAP dimana disana terdapat sebuah sebuah pemanas minyak, lampu minyak dan sebuah lilin, manakah yang akan Anda nyalakan duluan?

6. Sebuah kelas terdiri dari 40 siswa. Diantaranya 20 siswa menyukai pelajaran Matematika,15 orang menyukai pelajaran Biologi, 15 orang menyukai pelajaran Bahasa Inggris dan lima orang menyukai ketiganya. Banyaknya siswa yang hanya menyukai satu dari ketiga pelajaran adalah?(Tidak ada yg tidak suka apa2)

7. Iwan selalu berbohong pada hari Senin, Selasa, Rabu dan berkata jujur pada hari-hari lainnya. Di lain pihak Budi selalu berbohong pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan berkata jujur pada hari-hari lainnya.

Pada suatu hari terjadi percakapan berikut:

Iwan: Kemarin saya berbohong

Budi: Saya juga

Pada hari apa percakapan tersebut terjadi?

8. Dimas membeli majalah setiap 5 hari sekali, sedangkan Andre membeli majalah setiap 8 hari sekali. Kemarin Dimas membeli majalah. Andre akan membeli majalah besok. Keduanya paling cepat akan membeli majalah pada hari yang sama . . . hari lagi.

9. Di antara lima orang gadis, Arinta, Elsi, Putri, Rita, dan Venny, dua orang memakai rok dan tiga orang memakai celana panjang. Arinta dan Putri memakai jenis pakaian yang sama. Jenis pakaian Putri dan Elsi berbeda, demikian pula dengan Elsi dan Rita. Kedua gadis yang memakai rok adalah . . .

10. Bando dan Bandi ingin mengecat pagar. Bando dapat menyelesaikan pengecatan pagar oleh dirinya sendiri dalam waktu 3 jam, sedangkan Bandi dapat menyelesaikannya dalam 4 jam. Pada pukul 12.00 siang mereka mulai mengecat pagar bersama-sama. Akan tetapi pada suatu ketika mereka bertengkar. Mereka bertengkar selama 10 menit dan dalam masa itu tidak satupun yang melakukan pengecatan. Setelah pertengkaran tersebut Bandi pergi dan Bando menyelesaikan pengecatan pagar sendirian. Jika Bando menyelesaikan pengecatan pada pukul 14.25, pada pukul berapakah pertengkaran dimulai ?

————–

Perintah Test Logika: Jika waktunya belum 15menit periksalah kembali jawaban Anda. Jika sudah 15 menit, letakkan alat tulis Anda. Periksalah jawaban Anda di atas dengan kunci jawaban yang benar di bawah ini. Ingat, JANGAN nyontek! SEMOGA ANDA BERUNTUNG!

Scroll ke bawah untuk melihat kunci jawaban yang benar.

|

v

Ke bawah lagi.

|

v

Jawaban :

———-

  1. Semuanya (12 bulan). Setiap bulan memiliki paling sedikit 28 hari.
  2. 2 jam (Baca soal baik2…!). Jika Anda minum tablet pertama pukul 7 pagi, tablet kedua harus diminum pukul 8 pagi dan tablet ketiga (terakhir) harus diminum pukul 9 pagi. Karenanya, seluruhnya memerlukan waktu 2 jam.
  3. 1 jam. Jam weker akan berdering pukul 9 malam karena weker tidak bisa membedakan waktu-pagi dan waktu-malam.
  4. Putih. Jika semua dinding menghadap Selatan, maka rumah tersebut berada di Kutub Utara. Semua beruang di kutub utara berwarna putih.
  5. Korek api.
  6. 25 (kalo aku gak salah hitung…^_^) **aku pake prinsip himpunan**
  7. Kamis… pada saat percakapan itu Iwan jujur sedangkan Budi berbohong
  8. 9 hari lagi…
  9. Elsi dan Venny
  10. aku cek kayaknya pukul 13.00… gunakan prinsip pengerjaan seperti menempuh suatu jarak (misal x)… jadi kecepatan Bando adalah x/3,, dan kecepatan Bandi x/4… dan mereka bekerja bersama-sama t jam…”selanjutnya!? *terserah Anda ^_^

Sekian dulu post aku ini,, semoga dapat bermanfaat…

Thanks for reading and giving comment(s)

Best regards,

Martin

About mhar_teens

I'm only an ordinary boy... still confused about my future,, I only know that God has a great plan for me View all posts by mhar_teens

One response to “Tes Logika (gak bener2 amat sih…^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: