Kuliah di Luar Negeri: Enak, ga enak!

Beberapa hari yg lalu ada teman yg minta aku nulis bbrp pengalaman kuliah di luar utk dimuat di sebuah majalah. Nah,kebetulan majalah anak Medan punya (PREPS! Magazine)..dan bbrp alumni SMA ku ikut di dalamnya..haha ya jelas semangat lah..

Nah,kira2 ini kuesioner yg kujawab..(haha,jawabanku gak kyknya gak ada yg cocok dimuat di majalah,membuat editor harus bekerja keras )

Nama (2 kata saja): Martin Sirait

Umur:  21

Kota tempat tinggal:  Sendai

Universitas:  Tohoku Univ.

  • Enaknya kuliah disana:

Wah,banyak..! trutama klo under-scholarship smuanya terasa ‘gratis’. Trus kita bisa belajar bahasa (bkn bisa,tapi HARUS BISA!haha..wong kuliahnya bhs jepang) & budaya yg baru di sini. Di samping itu, merasakan 4 musim jg seru. Dan Jepang teknologinya cukup maju, trus bisa dibilang sangat aman,bersih,dan sgalanya tertib. Internetnya jg super duper cepat. (klik)

  • Ga enaknya:

Haha,ini jg pasti dirasain sm pelajar2 asing yg di sini. Bergaul sama orang Jepang itu cukup susah..! mgkn mereka kebanyakan kurang terbuka utk bergaul dgn orang asing ya..klo aku paling akrabnya sama pelajar asing lain,dan teman2 Jepang di gereja. Trus, Jepang itu cukup jauh dr Medan,klo mau pulang mahal..belum lagi orang2 pada minta oleh2..haha..:D FYI sgalanya itu di Jepang lebih mahal kyknya..kecuali elektronik (biasanya sama dgn indo), tapi mobil lebih murah.

  • Yang paling disukai dari kota tempat tinggal kamu:

Aku dulu 1thn di Tokyo (utk program bahasa), tapi Sendai mnurutku lbh enak utk tempat tinggal kyknya..Kota yg lumayan gede,tapi suasanya gak padat dan byk pepohonan. Dan saljunya di sini itu cukup ‘numpuk’ pas winter..hehe

  • Yang berubah dari diri kamu semenjak tinggal disana:

Makin ganteng…wkwkwk! Yg pasti makin gemuk ya..(dulu kurus bgt). Trus (kyknya ini umum) rasa nasionalisme itu semakin tinggi pas kita ada di luar Indonesia. Jadi semakin sering mikir, gimana kalo pemerintah kita itu bisa banyak niru hal2 yg cukup bagus utk ditiru dari negara sakura ini..

  • Satu pengalaman paling berkesan selama tinggal disana:

Apa ya?hmm..mungkin pas jalan2 bareng teman2 Indo dulu ke daerah Kansai (Osaka,dll) naik densha (kereta listrik) yg unlimited ride biar murah..haha,capek tapi seru. Dan pas di kota Kobe,kami ketemu sama bule(dr eropa kyknya) yg lg mabuk dgn 2 orang temannya..kyknya kebanyakan minum gitu..temannya yg 1 udh parah bgt(gk sadar),mungkin hatinya gak sanggup lagi nawar racun. Dan bule ini gk tau sama skali bahasa jepang,bahkan gak ada hp Jepang (hp-nya gak bs dipake),taksi pun gak ada yg mau berhenti(mgkn krn dia bule dan keliatan mabuk) ya udah..kami bantu nelpon 119 (smacam 911-nya jepang) utk minta pertolongan.

  • Seberapa sering pulang ke Medan?

Paling mungkin pulang itu di akhir semester..terutama akhir semester ganji (summer break). Yah,jadi paling banyak yah..2x setahun pulang

  • Yang paling dikangenin di Medan:

Makanannya..! hehe..keluarga dan teman2 jg tentunya😛 sama rindu pake sandal kemana-mana..hehe,di sini kyknya pake sandal keluar rumah cuma pas summer >.<

About mhar_teens

I'm only an ordinary boy... still confused about my future,, I only know that God has a great plan for me View all posts by mhar_teens

3 responses to “Kuliah di Luar Negeri: Enak, ga enak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: