Pemerintah Jepang Semakin Tak Bersahabat..

Aku pengen bagi satu masalah yg selalu ada di pikiranku belakangan ini..

Monbukagakusho (sebutan utk Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology di jepang) tahun lalu tiba2 mengganti syarat untuk memperpanjang beasiswa menjadi lebih sulit..Aku bicara utk yg mau perpanjang undergraduate ke master aja deh,soalnya ini yg paling punya efek ke aku saat ini. Mereka membuat minimal IPK 2.5 (kalo di univ Jepang pada umumnya skala 3) untuk bisa memperpanjang beasiswa ke master program. Nah, gara2 ini aja pelajar2 asing yg belajar di sini banyak yg gak bisa dapat. Aku bersyukur masih bisa melewati apa yg disyaratkan ttg nilai hingga saat ini.

Tapi, di tahun ini..muncul lagi peraturan baru di bulan 10 kemarin (sekedar info, bulan 4 dan 10 itu adalah awal semester di Jepang pada umumnya)..Isinya kira2 membatasi jumlah yg bisa mendapat rekomendasi dari univ utk beasiswa monbukagakusho ini menjadi 1/5 dari pemegang beasiswa Monbukagakusho yg belajar di masing-masing univ yg bersangkutan. Misalnya ada 10 Monbukagakusho scholars di 1 univ, hanya bs 2 orang yg dikasi rekomendasi. Dan kalo kita gak bs dapat rekomendasi ini, gak bisa apply buat perpanjang beasiswa. Jadi pada intinya kita disuruh bunuh2an dengan teman2 ryuugakusei (pelajar asing) lain yg pada dasarnya itu adalah sahabat yg pertama kita kenal sebelum masuk univ (sama2 belajar bahasa Jepang slama 1 tahun) dan sesaat masuk univ. Jujur aja, menurut aku orang asing di sini itu susah utk bener akrab dgn anak Jepang lainnya..lebih gampang akrabnya dengan yg senasib (baca: sama2 pelajar asing)

IPK 2.5 dan dibatasi 1/5 dari total anak monbukagakusho..itu masih terbayang di pikiranku.

Kalo dulu sih, kata senpai2 utk memperpanjang dari S1 ke S2 itu gampang, cukup lulus ujian masuk graduate school aja.

Aku gak tau apakah ini bakal mengubah pola belajarku yg tidak pernah serius dari dulu sampe skarang ato enggak. Aku hanya berpikir kalo hidup ini bukan utk belajar ttg kuliah saja..aku masih gak mau jadi orang yg belajar hanya utk menjadi pengejar nilai yg dari dulu selalu aku camkan dalam hidupku di sekolah. Aku hanya bisa berjuang, dan menurutku kalo gak bs dapat perpanjang beasiswa itupun, pasti ada jalan lain. 

mohon doa dari teman2.

P.S. ini dia kebijakan lengkap yg baru dari pemerintah  itu: link

About mhar_teens

I'm only an ordinary boy... still confused about my future,, I only know that God has a great plan for me View all posts by mhar_teens

One response to “Pemerintah Jepang Semakin Tak Bersahabat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: